Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Contoh] Rencana Studi untuk Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Dalam Negeri (BUDI - DN) dan LPDP

Izinkan saya untuk sedikit berbagi dokumen Rencana Studi yang saya lampirkan sewaktu mendapat beasiswa BUDI - DN. BUDI - DN merupakan program kerja yang di bawahi kemenristek dikti yang bersinergi dengan LPDP. Kami adalah rekrutan pertama penerima beasiswa BUDI - DN yang sebenarnya belum bisa di prediksi atau di terawang bagaimana hasilnya, tapi Alhamdulillah Allah memberiku kesempatan untuk melanjutkan studi S3 di UPI dengan di biayai gratis oleh pemerintah. 


Saya Thoha Firdaus, salah satu alumni mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Ahmad Dahlan. Saya lulus mendapatkan gelar sarjana pada akhir tahun 2012 dengan waktu tempuh empat tahun. Kemudian awal 2013 saya kembali masuk lagi sebagai mahasiswa Magister di Universitas yang sama dan jurusan yang sama. Saya lulus mendapatkan gelar Magister pada awal tahun 2015 dengan waktu tempuh kuliah kurang lebih 2 tahun. Pada masa-masa perkuliahan dulu, saya sudah banyak aktif diberbagai kegiatan-kegiatan. Saya pernah aktif di kegiatan organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Studi Pendidikan Fisika dan sering mengadakan kegiatan-kegiatan seminar Nasional. Selain itu, saya juga pernah aktif menjadi Asisten Dosen pada masa perkuliah jenjang S1. Selain aktif di kegiatan kampus saya juga aktif dalam kegiatan-kegitan masyarakat, diantaranya aktif di kegiatan-kegiatan masjid dan menjadi tenaga pengajar di Taman Pendidikan Quran Kotagede. Banyak ilmu yang bisa saya ambil dari  kegiatan-kegiatan saya sewaktu menjadi mahasiswa dulu.
Saat ini saya telah bekerja disalah satu perguruan tinggi swasta di daerah saya, tepatnya di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Saya menjadi salah satu dosen tetap di perguruan tersebut sampai saat ini terhitung sudah hampir 1,5 tahun. Tidak adanya dosen yang mempunyai jenjang doktor, menjadikan Ketua STKIP Nurul Huda Bapak H.Cholid Mawardi, M.Si menyarankan kepada beberapa dosen untuk melakukan jenjang pendidikan lagi. Ini menjadikan langkah awal melatar belakangi saya untuk melakukan jenjang pendidikan S3. 
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjadi pilihan saya paling utama dari Universitas -  Universitas lainnya. Selain Universitas ini unggul di bidang Pendidikan, program studi linier yang saya temui juga terdapat di Universitas ini yakni Pendidikan IPA. Selain itu beberapa pertimbangan yang membuat saya memilih di Universitas terbesar di Bandung ini yakni mempunyai nilai akreiditasi A, baik di tingkat Institusi maupun di tingkat prodi. 
Mengintip dari website program pascasarjana UPI, bahwa SPS UPI mulai diselenggarakan pada tahun ajaran 1993/1994 sesuai dengan ijin operasional yang dikeluarkan melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia N0.588/DIKTI/Kep/1993. Sejak itu, prodi secara konsisten dan berkelanjutan serta senantiasa melaksanakan berbagai pengembangan dalam bidang pendidikan IPA sebagai wujud upaya mendukung program UPI sebagai institusi yang bergerak di bidang pendidikan. Dalam pelaksanaannya, prodi IPA senantiasa berpijak pada berbagai acuan kebijakan dan program UPI, baik dalam aspek akademik maupun non akademik.  Selain itu, prodi Pendidikan IPA juga secara aktif merespon berbagai perkembangan serta tuntutan masyarakat, baik lokal, regional, maupun global. Kualitas pendidikan pada prodi Pendidikan IPA tidak terlepas dari kurikulum yang selama ini dilaksanakan untuk mendukung perkuliahan. Secara berkala, kurikulum prodi senantiasa di-update melalui kegiatan review dan revisi kurikulum. Kurikulum prodi senantisa mengalami perbaikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan lapangan serta masyarakat.
Kembali lagi di cerita awal, saya medapat ijin belajar dari Ketua kami, dan itu artinya sewaktu studi berlangsung nanti saya masih di beri amanah untuk masih tetap mengajar di STKIP Nurul Huda, hanya saja tidak terlalu banyak di bebani jumlah SKS. Ini merupakan sebuah pertimbangan dari semua jajaran kampus kami, kecuali jika ada perubahan lanjutan. Satu bulan 2-3 kali bisa saya lakukan nantinya untuk mengajar di STKIP Nurul Huda, selebihnya bisa saya lakukan perkuliahan dan kegiatan-kegiatan lainnya. 
UPI memberikan waktu jangka kuliah pada program S3 selama 6 semester, dan dibagi 3 semester awal untuk masa perkuliahan dan sisa 3 semester lagi untuk penelitian dan penulisan disertasi. Jumlah sks Program S3 keseluruhan berkisar antara 48-50 sks, dengan komponen sebagai berikut:
a. Mata Kuliah yang bersifat landasan (MKLK) ditempatkan pada semester awal; dengan sks berkisar antara 10-12 sks, memuat mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan (dalam Program Studi bersangkutan)
b. Mata Kuliah Keahlian Utama (MKKU) ditempatkan pada semester tengah; dengan sks berkisar antara 23-25 sks, terdiri atas :
1. MKKU Wajib
2. MKKU Pilihan (dapat berupa paket pilihan keahlian dan pilihan tidak terstruktur)
c. Mata Kuliah pamungkas (Tesis clan Disertasi) ditempatkan pada semester akhir.
Langkah awal masa perkuliahan saya, selain tetap mengajar di STKIP Nurul Huda saya akan menyibukkan kegiatan-kegiatan lain. Jika nantinya ada jalan untuk menjadikan saya lebih aktif seperti organisasi di kampus tujuan, saya akan berusaha untuk mengikutinya. Sedangkan untuk matakuliah awal saya kan mengikuti beberapa matakuliah - matakuliah pokok yang di tawarkan Universitas tujuan. Perkuliahan perdana akan dilaksanakan pada tanggal 1 Sepetember 2016.
Pada pertengahan perkuliahan, saya akan fokus mengambil pada matakuliah Media pembelajan Fisika yang di tawarkan. Matakuliah ini selain bermanfaat untuk saya, STKIP Nurul Huda juga sangat membutuhkan ilmu ini. Seiring dengan perkembangan teknologi di era globalisasi ini, kita tidak terlepas dengan adanya pemanfaatan media-media yang ada, termasuk dalam segi pendidikan. Perlu sekiranya pendidikan di Indonesia ini paham dengan teknologi, agar tidak tertinggal dengan negara-negara yang lebih maju. Penguasaan media dalam pendidikan, akan menguatkan seorang pendidik dalam melakukan inovasi dalam pembelajaran. Kemudian ini akan berpengaruh kepada peserta didik, dan mendorong siswa menjadi lebih maju. Saya yakin bisa menyelesaikan matakuliah ini dengan baik, karena sebelumnya saya telah mempunyai bekal ketika mengambil tugas akhir sarjana saya tentang media pembelajaran.
Sedangkan di tugas akhir disertasi saya, saya akan fokus di bidang fisika murni, akan tetapi akan saya kombinasikan dengan media dan pendidikan. Ini adalah sebuah rencana yang telah saya buat setelah sebelumnya pada tugas akhir skipsi saya tempo dulu, saya telah mengambil tugas akhir dengan konsentrasi fisika pada media pembelajaran. Lalu pada tugas akhir tesis, saya telah mengambil tugas akhir dengan konsentrasi fisika murni dan kombinasi pendidikan. Untuk tugas akhir disertasi, konsentrasi saya akan saya fokuskan antara penggabungan fisika murni, media, dan pendidikan. Saya berharap, bisa menemukan dosen pembimbing yang sesuai untuk membantu saya menyelesaikan tuga akhir saya di Universitas Pendidikan Indonesia ini dengan tepat waktu. Secara tenaga pengajar – tenaga pengajar yang terdapat di UPI ini terbilang sudah mempunyai pengalaman dan ilmu yang sangat berkopeten di beberapa bidangnya. Untuk waktu jangka studi ini, saya merencanakan akhir tahun 2019 saya telah menyelesaikan perkuliahan S3 ini.
Selain itu pada masa perkuliahan berlangsung, saya akan lebih aktif dalam merencanakan penelitian - penelitian. Karya penelitian yang saya buat nanti akan saya publikasikan di beberapa jurnal dan seminar-seminar yang lebih bergengsi. Karena saya yakin saya akan banyak temui referensi-referensi mutakhir nanti di kota besar ini. Saya juga akan sering mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, seperti kegiatan workshop pembuatan media ajar, pelatihan membuat karya tulis ilmiah, dan lain - lain. Bagi saya kegiatan ini banyak memberikan manfaat, ilmu dan pengalaman yang sangat luas.
Untuk meningkatkan bidang keilmuan saya, saya akan mengikuti beberapa les prifat yang bermanfaat, seperti les bahasa inggris. Hal ini selain mengasah terus bidang keilmuan saya, juga melatih saya agar selalu terbiasa komuniakasi dan wawasan internasional. Saya dapat dengan mudah mempelajari beberapa junal asing dan mengaksesnya di internet.
Satu lagi, ada sebuah PR dari saya melanjutkan pembuatan karya tulis buku. Sebelumnya saya telah menulis karangan buku tentang “Memanfaatkan Program Excel dalam Media Pembelajaran”. Sudah hampir setengah perjalanan saya membuatnya, akan tetapi sempat berhenti karena beberapa kendala teknis, diantaranya kurangnya referensi dan lingkungan yang mendukung. Saya akan melanjutkan kembali di masa-masa perkuliahan saya nanti, dan menemukan referensi-referensi yang lebih banyak. Kemudian buku tersebut akan saya terbitkan di penerbit ternama di Bandung. Ini merupakan salah satu bentuk karya yang dapat saya menfaatkan untuk memulai memotivasi lebih lanjut di masa mendatang.
Setelah menyelesaikan studi doktor, saya akan kembali mengabdi sepenuhnya di STKIP Nurul Huda. Diharapkan saya telah mempu menjadi seorang pendidikan yang profesional di bidangnya. Mempu memberikan contoh kepada dosen - dosen untuk terus malanjutkan jenjang yang lebih tinggi. Adapun beberapa rencana yang saya akan lakukan setelah kembalinya saya ke sekolah tinggi asal sebagai berikut:
a. Saya akan membagikan ilmu dan pengalaman yang saya dapat di masa perkuliahan,
b. Banyak menciptakan karya – karya yang lebih mutakhir dan gemilang.
c. Mengajak para dosen untuk lebih aktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.
d. Terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang terkait dengan bidang pendidikan.
e. Membuat beberapa kegitan-kegiatan workshop yang membantu para dosen dan guru-guru di kampung saya menjadi lebih maju.
Ini merupakan rencana studi saya saat ini, rencana mungkin bisa saja berubah dan bahkan bertambah. Saya akan berusaha untuk konsisten dalam menjalani ini ini.Setidaknya ada hal yang bisa saya angan-angankan untuk membuat rencana studi yang lebih baik. Jika ada hal yang nanti tidak sesuai rencana, itu adalah kehendak dari Tuhan, manusia hanya bisa berencana.

Niat saya berbagi Rencana Studi ini adalah hanya sebagai gambaran, bukan untuk di duplikat. Semoga ini bermanfaat.

1 comment for "[Contoh] Rencana Studi untuk Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Dalam Negeri (BUDI - DN) dan LPDP"

  1. Terimakasih atas postingan contoh tulisan rencana studinya. bermanfaat sekali buat gambaran rencana studi saya. sukses semua!

    ReplyDelete