Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tulisan Ilmiah di dalam Blog

Kali ini saya akan posting tentang cara membuat tulisan ilmiah di dalam Blog, latar belakang saya membuat postingan ini dikarenakan masih banyaknya para penggemar blog yang masih bingung cara membuat tulisan ilmiah di dalam blog, diantaranya adalah para pendidik yang ingin menyantumkan artikelnya. Dan untuk teman-teman sains jangan bingung, ada cara untuk menampilkan rumus-rumus tulisan tersebut di dalam blog. Misalkan ingin melampirkan tulisan seperti ini di dalam postigan blog:


Pasti anda bingung bangaimana tulisan di atas bisa muncul di dalam postingan. Karena di dalam menu postingan blog tidak terdapat menu untuk menyediakan tulisan/simbol seperti diatas. Baiklah saya akan berikan tutorialnya, pada dasarnya tulisan ini muncul dengan merubah tulisan dalam bentuk kode HTML. Silahkan ikuti step-stepnya di bawah ini:

1. Silahkan anda kunjugi link di sini: http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php
Di sana tersedia menu equation untuk mengatur jenis tulisan yang akan di tampilkan, jika anda sering membuat tulisan ilmiah/rumus di MS Word maka anda tidak terlalu bingung.



Pada menu kotak bagian di atas (kolom warna merah) adalah jenis menu dan simbol equation yang anda perlukan, sedangkan di bawahnya (kolom warna biru) adalah tempat kerja untuk tempat anda menulis. Sedangkan di bawahnya lagi (kotak warna kuning) hasil tampilan yang anda buat.  Untuk kotak warna pink adalah tempat kode HTML untuk anda pindahkan ke dalam blog anda nanti.

2. Silahkan anda tuliskan rumus-rumus anda di tempat kerja, jika membuatuhkna simbol dan jenis tampilan silahkan anda pilih di bagian kode di atas.

3. Jika anda telah selesai membuat tulisan/rumus ilmiah, langkah selanjutnya silahkan anda copy kode HTML yang tersedia di kolom paling bawah seperti yang saya tandai warna pink. Konde itu anda paste ke dalam blog anda, tapi jangan lupa sebelum anda paste rubah terlebih dahulu tampilan tulisan kedalam bentuk HTML. Untuk pengguna Blogger tombolnya ada di pojok kiri atas, sedangkan untuk pengguna Worspress tombolnya bertulisan "Text" yang terdapat di pojok kanan atas.

4. Setelah di paste kembalikan tulisan dalam kebentuk semula/Compose/Visual. Maka selamat tulisan/rumus ilmiah anda telah tampil di situ.

Anda pun juga dapat menyimpan tulisan rumus tersebut ke dalam bentuk GIF, antinya nanti akan muncul dlm bentuk gambar, caranya adalah tinggal anda klik ada tulisan "Click here to Download Image (GIF)" yang terdapat di bawah tampilan rumus anda tadi, kemudian save.

Berikut tutorial ini saya sampaikan, jika menurut ini bermanfaat untuk anda maka silahkan share/bagi ke yang lain.

Post a Comment for "Cara Membuat Tulisan Ilmiah di dalam Blog"